Selasa, 29 Maret 2016

Knowledge Is Free at Our Library

OLEH : Nadiya Fazillah

Banyak membaca sama dengan banyak ilmu. Begitulah bunyi sebuah ungkapan sarat akan makna yang sering terdengar. Semua setuju bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca kita dapat berkeliling ke segala penjuru dunia, mengetahui segala seluk-beluk tempat yang ada di dunia ini, mempelajari berbagai budaya di setiap daerah di seluruh dunia, dapat membaca cara berpikir orang-orang di seluruh penjuru dunia dengan melihat dan membaca cara mereka menulis, mengetahui segala hal luar biasa yang terjadi di luar sana, dan sadar bahwa dunia bukan hanya kita saja, di luar sana terdapat sejuta perbedaan luar biasa ciptaan tuhan yang harus disyukuri. Sangat menyenangkan bisa mempelajari dan mengetahui itu semua. Dan hanya dengan membaca, kesemua itu dapat diraih.

Ilmu pengetahuan itu mahal. Ungkapan ini juga sering terdengar. Namun, tidak lagi untuk zaman yang serba canggih seperti saat ini, kita bisa berkeliling dunia kapan saja dan tentunya gratis. Bila buku adalah jendela dunia, tentu kita masih memerlukan uang untuk membelinya, di Indonesia, harga buku masih terbilang mahal bila dibandingkan dengan negara-negara lain, terutama Jepang, yang menjual buku dengan harga yang sagat murah. Maka dari itu, perpustakaan adalah jawabannya. Disanalah tempat dimana kita bisa melakukan hal-hal luar biasa yang begitu menyenangkan, melihat bagaimana karakter orang-orang di dunia, mengetahui berbagai kebudayaan di luar sana, mengetahui warna kulit oarang-orang, bagaimana cara mereka berjalan, cara mereka makan, cara mereka tidur, dan masih banyak hal luar biasa lainnya yang bisa kita dapatkan melalui buku yang kita baca. Tentunya, gratis.

Namun, masih banyak orang yang malas untuk pergi ke perpustakaan, disebabkan karena beberapa hal, salah satunya fasilitas, yang pada akhirnya menimbulkan rasa bosan dan malas untuk pergi ke perpustakaan. Sebagian orang beranggapan bahwa perpustakaan hanyalah sebuah gedung yang berisi ruangan-ruangan dengan jajaran buku yang bebaris mengisi setiap sudut ruangan, para penghuninya adalah orang-orang membosankan dan kurang pergaulan yang biasanya menggunakan kaca mata besar serta selalu menggandeng buku di tangannya.  Sebuah paradigma lama yang haru ditinggalkan!

Karena sekarang, perpustakaan menawarkan hal yang baru, fasilitasnya terus diperbaharui, kini perpustakaan lebih interaktif sehingga jauh dari kata membosankan, lebih bersifat rekreatif, namun tak luput dari sifat edukatif. Perpustakaan kini terus berbenah. Begitulah perpustakaan Universitas Syiah Kuala saat ini, terus berbenah demi meningkatkan ilmu pengetahuan dan pendidikan masyaakat. Setelah mendapat sertifikat ISO 9001:2008 perpustakaan unsyiah kini bukan lagi sebuah gedung dengan ruang-ruang yang membosankan, pustaka unsyiah kini jauh lebih interaktif. Sebuah gedung yang sangat nyaman untuk menjadi salah satu tempat persinggahan favorit, dengan segala fasilitas yang sudah sangat mencukupi, mulai dari akses internet hingga kelengkapan buku. Tentunya, gratis.






Inilah mengapa buku disebut sebagai jendela dunia, kita bisa mengelilingi dunia tanpa harus mempergunakan kaki, di pustaka unsyiah, kita bisa berkeliling ke korea dengan gratis, disini kita bisa mempelajari kebudayaan korea dengan membaca buku-buku yang tersedia di Korean cultural center, tepatnya di lantai 3 perpustakaan Unsyiah. Disini kita juga bisa bergaya dengan mencoba baju-baju tradisionalnya, lho.




Dan...... jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto!

Mulai saat ini, tinggalkan paradigma lama tentang perpustakaan hanyalah sebuah gedung yang terdiri dari ruang-ruang dengan jajaran buku yang mengisi setiap ruangan, isinya hanya orang-orang kurang pergaulan dan membosakan. Karena perpuskataan sekarang, pustaka Unsyiah khususnya, sudah berbenah dengan inovasi-inovasi baru, dapat menjadi rekreatif bagi pengunjung sehingga jauh dari kata membosankan.

Mulai saat ini, Jadikan perpustakaan sebagai salah satu tempat persinggahan favorit.


- http://uilis.unsyiah.ac.id/
- http://etd.unsyiah.ac.id/
- http://library.unsyiah.ac.id/
- http://jurnal.unsyiah.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar